Senin, 14 April 2014

fact about dinosaurs

FACT ABOUT DINOSAURS

 

 A.pengertian dinosaurus.

      dinosaurus adalah hewan purba yg pernah hidup jutaan tahun yg lalu.tetapi kebanyakan dinosaurus telah bertahan hidup dan berovolusi menjadi hewan modern yg kita kenal sekarang.

B.periode jaman dinosaurus.
     ada 3 macam periode yg pernah dihidupi dinosaurus yaitu:
       1.periode triassic(245-202 juta tahun yg lalu) 
                 pada periode ini bumi masih sangat panas dan kering
              2.periode jurassic(200-144 juta tahun yg lalu)
            pada periode ini bumi sudah dipenuhi oleh berbagai dinosaurus dan iklim sudah 
                lebih hangat
        3.periode cretaceous(144-65 juta tahun yg lalu)
            pada priode ini posisi benua sudah hampir mirip dengan jaman sekarang,iklim sudah hangat tetapi di kutub 
                     belum ada es yg permanent
C.kepunahan dinosaurus.
       salasatu penyebab punahnya dinosaurus adalah perubahan 
   cuaca drastis di bumi.perubahan cuaca ini disebabkan oleh
    hantaman meteorit 65 juta tahun yg lalu.



 JENIS JENIS DINOSAURUS
 A.DINOSAURUS KARNIVORA DARAT

1.Albertosaurus

didepan tulang lakrimal Albertosaurus ada tonjolan tulang yang terlihat menonjol. Dan dimungkinkan Albertosaurus adalah pemakan bangkai. Kecepatan larinya adalah 30km/h, kecepatan ini adalah kecepatan yang cepat di antara seukuran badannya.

2.allosaurus

Allosaurus adalah Theropoda terbesar di Periode Jurasik. Panjang tubuh maksimal Allosaurus dewasa bisa mencapai sekitar 12 m dengan tinggi sekitar 4 m dan berat mencapai 6 ton. Terdapat beberapa jenis Allosaurus yang berbeda, seperti Allosaurus fragilis, Allosaurus amplexus(terbesar), Allosaurus maximus, Allosaurus ferox, dan Allosaurus atrox. Panjang tengkorak mereka bervariasi, namun yang terbesar sekitar 1, 45 m panjangnya, dengan puluhan gigi tajam bergerigi sepanjang 12 cm untuk mencabik-cabik mangsa.

 3.baryonyx
baryonyx memiliki 2 cakar besar tajam yg terletak di kedua ibu jarinya yg diyakini ilmuan digunakan untuk menombak ikan.

4.carcharodontosaurus
Carcharodontosaurus merupakan salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Karnivora raksasa ini merupakan salah satu yang paling besar pula dari kelompok Carnosauria. Dinosaurus ini hanya berukuran sedikit lebih kecil dari kerabat kolosal Giganotosaurus. Carcharodontosaurus (Dari Bahasa Yunani,Carchar=hiu,don(dent)=gigi,dan sauros=kadal)berarti "Kadal bergigi hiu".

 
 5.carnosaurus

 carnosaurus adalah kerabat dari t-rex hanya saja memiliki 2 pasang tanduk dikepalanya yg digunakan untuk berkelahi.

 6.ceratosaurus

Ceratosaurus (Dari Bahasa Yunani Cerato bertanduk,dan sauros kadal) merupakan salah satu jenis dinosaurus Theropoda yang pertama ditemukan. Ceratosaurus memiliki persebaran fosil yang amat luas sehingga para ahli menggolongkan mereka menjadi lebih dari dua subspesies.

  7.ceolophysis
  ceolophysis adalah dinosaurus pemakan daging yg memiliki tubuh ramping yg panjang juga ukuranya hanya setinggi pinggang pria dewasa.

 8.cryolophosaurus


  dinosaurus ini memiliki sebuah mahkota dikepalanya yg yerlihat seperti sarang madu,cryolophosaurus diyakini oleh para ilmuan adalah salasatu dinosaurus yg pernah hidup di 
antartica bahkan mereka dijuluki sebagai "cold crest lizard"yg artinya "kadal jambul dingin".

 9.daspletosaurus

Daspletosaurus  yang berarti "kadal menakutkan"adalah genus dinosaurus theropod tyrannosaurid yang hidup di Amerika Utara bagian barat antara 77 hingga 74 juta tahun yang lalu selama periode Kapur akhir. Fosil satu-satunya spesies Daspletosaurus yang telah dinamai, yaitu D. torosus, ditemukan di Alberta, walaupun spesies-spesies lain di Alberta dan Montana masih perlu dideskripsikan. Bila spesies-spesies yang belum dideskripsikan ini tergolong dalam Daspletosaurus, maka genus ini merupakan genus tyrannosaurid yang memiliki paling banyak spesies.

 10.dilophosaurus
dilophosaurus dinosaurus kecil pemakan daging yg memiliki tulang yg mirip jambul di atas kepalanya,  memiliki 2 gelambir di sela-sela lehernya yg berfungsi untuk menakuti musuhnya dan juga untuk menarik pasanganya.

 11.dimetrodon
dimetrodon (two measures of teeth) artinya 2 ukuran gigi,pernah hidup sekitar 295-272 juta tahun yg lalu.

 12.giganotosaurus


Giganotosaurus carolinii adalah sejenis dinosaurus. Dari segi bentuk tubuh, jenis ini amat mirip dengan Tyrannosaurus rex, tetapi ukurannya sekitar 2 atau 3 meter lebih besar daripada Tyrannosaurus rex (sebagai acuan, panjang Tyrannosaurus rex ± 13 meter). Pemangsa yang ganas, bersifat sama dengan Tyrannosaurus Rex. Yang membedakan Giganotosaurus dengan yang lain hanyalah ukuran tubuhnya, 3 cakar berlengan besar (Tyrannosaurus rex hanya memiliki 2 cakar dan lengan sangat kecil), dan tulang-tulang seperti sirip pada seluruh permukaan atas tubuhnya, dari ujung moncongnya sampai ujung ekornya. Sirip inipun tidak terlalu terlihat karena amat kecil dibandingkan dengan tubuhnya yang amat besar. Giganotosaurus disebut-sebut sebagai saingan raja kadal Tyrannosaurus karena besar tubuh dan keganasannya.Panjang Giganotosaurus diperkirakan mencapai 14,5 m,namun beberapa paleontolog masih ragu karena beberapa versi menyebutkan dinosaurus Theropoda Saurischia ini tumbuh sampai 16 m.Tingginya sekitar 5 m dan beratnya sekitar 8 atau 9 ton.Giganotosaurus carolinii ditemukan tahun 1994 di Gurun Patagonia,Argentina oleh Ruben Daro Carolinii dan Rudolfo Coria.Panjang tengkoraknya mencapai setidaknya 2 m dengan gigi-gigi sepanjang 20 cm.Walaupun gigi Giganotosaurus berjumlah lebih banyak daripada gigi Tyrannosaurus,ini kurang bervariasi.Banyak ahli mengatakan Giganotosaurus adalah dinosaurus karnivora terbesar,namun ada juga yang tidak setuju.

 13.guanlong
Guanlong ditemukan di daerah Dzungaria dari China oleh ilmuwan dari George Washington University, dan dinamai oleh Xu Xing pada tahun 2006. Guanlong berasal dari kata Cina untuk "mahkota" dan "naga", mengacu pada puncak. Julukan tertentu (五彩 冠龙), wucaii (Hanyu Pinyin: Wucai), berarti "lima warna" dan mengacu pada warna rock Wucaiwan, tanah tandus multi-warni di mana makhluk itu ditemukan.

 14.herrerasaurus



salah satu dinosaurus paling awal. Namanya berarti "kadal Herrera", setelah peternak yang menemukan spesimen pertama. Semua fosil yang dikenal karnivora ini telah ditemukan dalam batuan usia Carnian (akhir Trias sesuai dengan ICS, tanggal ke 231.400.000 tahun yang lalu) di barat laut Argentina. [1] Spesies jenis, Herrerasaurus ischigualastensis, digambarkan oleh Osvaldo Reig pada tahun 1963 [2] dan merupakan satu-satunya spesies yang ditugaskan untuk genus. Ischisaurus dan Frenguellisaurus adalah sinonim.

 15.spinosaurus

Spinosaurus (berarti "kadal tulang belakang") adalah genus dinosaurus theropoda dari yang tinggal di tempat yang sekarang Afrika Utara, dari Albian lebih rendah untuk menurunkan tahap Senoman dari periode Cretaceous, sekitar 112-97000000 tahun yang lalu. Genus ini pertama kali diketahui dari sisa-sisa Mesir ditemukan pada tahun 1912 dan dijelaskan oleh ahli paleontologi Jerman Ernst Stromer pada tahun 1915. Sisa-sisa asli hancur dalam Perang Dunia II, tetapi bahan tambahan telah datang untuk cahaya dalam beberapa tahun terakhir. Tidak jelas apakah satu atau dua spesies terwakili dalam fosil yang dilaporkan dalam literatur ilmiah. Spesies yang paling dikenal adalah S. aegyptiacus dari Mesir, meskipun potensi spesies kedua S. maroccanus telah pulih dari Maroko.

16.staurikosaurus
Colbert (1970) digambarkan sebagai Staurikosaurus, predator bipedal kecil dan lincah [2] Staurikosaurus hidup selama tahap akhir Carnian dan awal-Norian, dari periode Triassic akhir, 225 juta tahun yang lalu -. Yang membuatnya menjadi salah satu dinosaurus paling awal dikenal. Pada hanya 2,25 meter (7,4 kaki), [3] 80 sentimeter (31 in), dan berat hanya 30 kilogram (66 pon), Staurikosaurus kecil dibandingkan dengan theropoda kemudian seperti Megalosaurus. Jenis spesimen memiliki panjang tapi relatif ramping tulang tungkai.

 17.tarbosaurus



   Tarbosaurus (/ ˌ tɑrbɵsɔrəs / TAR-bo-SAWR-əs, yang berarti "kadal yang mengkhawatirkan") adalah genus dari dinosaurus theropoda tyrannosaurid yang berkembang di Asia sekitar 70 juta tahun yang lalu, pada akhir Periode Cretaceous Akhir. Fosil telah ditemukan di Mongolia, dengan sisa-sisa lebih fragmentaris ditemukan lebih jauh di bagian Cina.

 18.tyranosaurus (t-rex)
  Tyrannosaurus (/ ˌ rænəsɔrəs / atau / taɪ ˌ rænəsɔrəs /, yang berarti "tiran kadal", dari bahasa Yunani tyrannos (τύραννος) yang berarti "tiran", dan sauros (σαῦρος) yang berarti "kadal" [1]) adalah genus dari coelurosaurian theropoda dinosaurus. Tyrannosaurus rex Spesies (rex yang berarti "raja" dalam bahasa Latin), yang biasa disingkat T. rex, adalah fixture dalam budaya populer. Itu tinggal seluruh apa yang sekarang barat Amerika Utara, yang kemudian merupakan benua pulau bernama Laramidia, dengan rentang yang lebih luas daripada tyrannosaurids lainnya. Fosil yang ditemukan dalam berbagai formasi batuan dating ke usia Maastrichtian dari Periode Cretaceous atas, 67-66000000 tahun yang lalu. [2] Itu adalah di antara dinosaurus non-unggas terakhir untuk ada sebelum kepunahan Cretaceous-Paleogen acara.


  19.velociraptor
 Velociraptor (/ vɨlɒsɨræptər /; yang berarti "seizer cepat") [1] adalah genus dari dinosaurus theropoda dromaeosaurid yang hidup sekitar 75-71000000 tahun yang lalu selama bagian akhir dari Periode Cretaceous [2] Dua spesies saat ini diakui, meskipun. orang lain telah ditetapkan di masa lalu. Spesies jenis adalah V. mongoliensis; fosil spesies ini telah ditemukan di Mongolia. Sebuah spesies kedua, V. osmolskae, bernama pada tahun 2008 untuk bahan tengkorak dari Mongolia, Cina.

  20.yutirannus
 nama ilmiah yutyrannus dijelaskan pada tahun 2012 oleh Xu Xing et al. Nama ini berasal dari bahasa Cina Mandarin (羽, "bulu") dan tyrannos Yunani Latinised (τύραννος, "tiran"), referensi untuk klasifikasi sebagai anggota berbulu dari Tyrannosauroidea. Nama spesifik terdiri dari Huali Mandarin (华丽, "indah"), mengacu pada keindahan bulu tersebut.

 B.DINOSAURUS HERBIVORA DARAT

 1.kentrosaurus
Kentrosaurus adalah genus dinosaurus stegosaurid dari Jurassic Akhir dari Tanzania. Fosilnya telah ditemukan hanya dalam Formasi Tendaguru Tanzania, tanggal ke tahap Kimmeridgian, antara sekitar 155,7 ± 4 Ma dan 150,8 ± 4 Ma (juta tahun lalu). Rupanya, semua temuan milik satu spesies, K. aethiopicus Hennig 1915.

Kentrosaurus digambarkan oleh paleontolog Jerman Edwin Hennig pada tahun 1915. Sering dianggap sebagai anggota primitif dari Stegosauria, beberapa cladistic baru-baru ini analisis menemukan untuk diturunkan, dan relatif dekat dengan Stegosaurus dari Formasi Amerika Utara Morrison.


 2.amargasaurus


Amargasaurus (/ ə ˌ mɑrɡəsɔrəs /; "La Amarga kadal") adalah genus dinosaurus sauropod dicraeosaurid dari Periode Cretaceous Awal (130-125 mya) yang sekarang Amerika Selatan. Itu kecil untuk sauropod, mencapai 10 meter (33 kaki) panjang. Ini akan menjadi herbivora berkaki empat dengan panjang, tengkorak rendah pada akhir leher panjang, seperti relatif Dicraeosaurus nya. Namun, dinosaurus ini memakai dua baris paralel duri tinggi ke leher dan punggung, lebih tinggi daripada di sauropod lain yang dikenal. Duri ini telah direkonstruksi mendukung layar kulit, tetapi "berlayar kulit" hipotesis ditolak oleh Gregory S. Paul pada tahun 2000. [1] Ditemukan di La Amarga Arroyo (yang berarti "pahit sungai" dalam bahasa Spanyol) di Neuquen Provinsi, Argentina.

 3.ankylosaurus


Ankylosaurus (/ ˌ æŋkɨlɵsɔrəs / ANG-ki-lo-SAWR-əs atau / Aen ˌ kaɪlɵsɔrəs / ang-KY-lo-SAWR-əs, [2] dan yang berarti "kadal menyatu") adalah genus dinosaurus ankylosaurid, mengandung satu spesies, A. magniventris. Fosil ankylosaurus yang ditemukan dalam formasi geologi dating ke akhir dari Periode Cretaceous (antara sekitar 66,5-66 Ma lalu) di bagian barat Amerika Utara.

4.argentinosaurus

Argentinosaurus (AR-jen-TEE-noh-SAW-rus berarti "kadal Argentina" [1]) adalah genus dinosaurus sauropod titanosauria pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina. Nama generik mengacu pada negara di mana ia ditemukan. Dinosaurus hidup di benua itu-pulau Amerika Selatan di suatu tempat antara 96 dan 94 juta tahun yang lalu, selama Late Cretaceous Epoch. Ini adalah salah satu dinosaurus terbesar yang diketahui.

5.brachiosaurus

Brachiosaurus / ˌ brækiəsɔrəs / adalah genus dari dinosaurus sauropod dari Formasi Morrison Jurassic Amerika Utara. Ini pertama kali dijelaskan oleh Elmer S. Riggs pada tahun 1903 dari fosil yang ditemukan di Grand River Canyon (sekarang Sungai Colorado) dari barat Colorado, di Amerika Serikat. Riggs bernama altithorax dinosaurus Brachiosaurus, menyatakan itu "yang dikenal dinosaurus terbesar". Brachiosaurus memiliki leher panjang proporsional, tengkorak kecil, dan ukuran keseluruhan yang besar, yang semuanya khas untuk sauropoda. Namun, proporsi Brachiosaurus adalah tidak seperti kebanyakan sauropoda - forelimbs yang lebih lama dari hindlimbs, yang mengakibatkan batang tajam cenderung. Juga, sementara ekor dinosaurus panjang ekor yang khas, itu relatif singkat untuk sauropod.

 6.camarasaurus


Camarasaurus (/ ˌ kæmərəsɔrəs / KAM-ə--SAWR-əs) yang berarti 'kadal bilik', mengacu pada ruang berongga dalam tulang nya (artinya καμαρα Yunani / kamara 'berkubah ruang', atau apapun dengan penutup melengkung, dan σαυρος / sauros berarti 'kadal') adalah genus dari berkaki empat, dinosaurus herbivora. [1] Ini adalah yang paling umum dari sauropoda raksasa dapat ditemukan di Amerika Utara. Sisa-sisa fosil telah ditemukan di Formasi Morrison of Colorado dan Utah, dating ke akhir Periode Jurassic (akhir Oxfordian untuk Tithonian tahap), antara 155 dan 145 juta tahun yang lalu.

 7.corythosaurus

Corythosaurus / ˌ kɒrɨθɵsɔrəs / adalah genus dari dinosaurus berparuh bebek dari periode Kapur Atas, sekitar 76,5-74800000 tahun yang lalu. Itu tinggal di tempat yang sekarang Amerika Utara. Namanya berarti "kadal helm", berasal dari bahasa Yunani. Itu bernama dan dijelaskan pada tahun 1914 oleh Barnum Brown, dan diklasifikasikan sebagai trachodontid a. Corythosaurus memiliki panjang sekitar 9 meter (30 kaki), dan memiliki tengkorak, termasuk puncak, yaitu 70,8 cm (27,9 in) tinggi.

8.dryosaurus


Dryosaurus (/ ˌ draɪ.ɵsɔrəs / KERING-o-SAWR-əs, yang berarti 'oak kadal', Yunani δρυς / drys berarti 'oak' dan σαυρος / sauros berarti 'kadal'; nama adalah dari bentuk daun oak-samar nya pipi gigi) adalah genus dari dinosaurus ornithopod yang hidup pada periode Jurassic Akhir. Itu adalah iguanodont (sebelumnya diklasifikasikan sebagai hypsilophodont a). Fosil telah ditemukan di Amerika Serikat bagian barat, dan pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19. Valdosaurus canaliculatus dan Dysalotosaurus lettowvorbecki keduanya sebelumnya dianggap mewakili spesies Dryosaurus.

9.iguanodon

Iguanodon (/ ɨɡwɑ ː nədɒn / i-gwah--don, yang berarti "iguana-gigi") adalah genus dinosaurus ornithopod yang ada kira-kira pertengahan antara yang pertama dari hypsilophodontids bipedal cepat dari pertengahan Jurassic dan dinosaurus berparuh bebek dari Cretaceous akhir. Sementara banyak spesies telah diklasifikasikan dalam genus Iguanodon, yang berasal dari akhir Periode Jurassic untuk akhir Periode Cretaceous dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara, penelitian dalam dekade pertama abad ke-21 menunjukkan bahwa hanya ada satu spesies yang dibuktikan : I. bernissartensis, yang hidup dari Barremian terlambat untuk usia Aptian awal [1] (Early Cretaceous) di Belgia dan mungkin di tempat lain di Eropa, antara sekitar 126 dan 125 juta tahun yang lalu. Iguanodon yang besar, herbivora besar. Fitur khas termasuk paku jempol besar, yang mungkin digunakan untuk pertahanan terhadap predator, dikombinasikan dengan jari kelima dapat memegang lama mampu mencari makanan.

 10.lambeosaurus


Lambeosaurus (/ ˌ læmbi.ɵsɔrəs / LAM-bee-ə-SOR-əs, yang berarti "kadal Lambe") adalah sebuah genus dinosaurus hadrosaurid yang hidup sekitar 76-75000000 tahun yang lalu, pada periode Kapur Akhir (Campanian) Amerika Utara . Bipedal / berkaki empat, dinosaurus herbivora ini dikenal dengan puncak yang khas berongga kranial, yang dalam spesies yang paling terkenal mirip kapak. Beberapa spesies mungkin telah diberi nama, dari Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko, tetapi hanya dua spesies Kanada saat ini diakui sebagai yang sah.

 11.mamenciosaurus

Mamenchisaurus (/ ː mʌntʃisɔrəs / mah-MUN-chi-SAWR-əs, [1] atau ejaan pengucapan / ˌ mɛntʃisɔrəs /) adalah dinosaurus genus sauropoda termasuk beberapa spesies, yang dikenal untuk leher yang sangat panjang [2] yang membuat setengah total tubuh [3] panjang. Hal ini diketahui dari banyak spesies yang berkisar dalam waktu 160-145 juta tahun yang lalu, dari Oxfordian untuk Tithonian usia akhir Periode Jurassic dari China. Ini mungkin termasuk spesies Mamemchisaurus sinocanadorum. [4]

 12.gallimimus

Gallimimus (/ ˌ ɡælɨmaɪməs / GAL-i-MY-məs, yang berarti "ayam atau ayam meniru") adalah genus dari dinosaurus theropoda ornithomimid dari akhir periode Cretaceous (tahap Maastrichtian) Pembentukan Nemegt Mongolia. Dengan individu sepanjang 8 meter (26 kaki), [1] itu adalah salah satu ornithomimosaurus terbesar. [2] Gallimimus diketahui dari beberapa individu, mulai dari remaja (sekitar 0,5 meter di pinggul) ke (sekitar dua dewasa meter di pinggul).

 13.pachycepalosaurus

Pachycephalosaurus (/ ˌ pækɨ ˌ sɛfələsɔrəs /, yang berarti "kadal tebal berkepala," dari pachys-/παχυς- Yunani "tebal", kephale / κεφαλη "kepala" dan sauros / σαυρος "kadal") adalah genus dinosaurus pachycephalosaurid. Spesies jenis, P. wyomingensis, adalah spesies hanya dikenal. Itu tinggal selama Periode Cretaceous Akhir (tahap Maastrichtian) yang sekarang Amerika Utara. Tetap telah digali di Montana, South Dakota, dan Wyoming. Itu adalah makhluk herbivora atau omnivora yang terutama diketahui dari tengkorak tunggal dan beberapa atap tengkorak sangat tebal, meskipun fosil yang lebih lengkap havebeen ditemukan dalam beberapa tahun terakhir. Pachycephalosaurus adalah salah satu dinosaurus non-unggas terakhir sebelum kepunahan Cretaceous-Paleogen acara. Dinosaurus lain, Tylosteus barat Amerika Utara, telah synonymized dengan Pachycephalosaurus.

 14.parasaurolophus

Parasaurolophus (/ ˌ pærəsɔ ː rɒləfəs / Parr-ə-saw-ROL-ə-fəs atau / ˌ pærə ˌ sɔrəloʊfəs / Parr-ə-SAWR-ə-LOH-fəs, yang berarti "kadal dekat jambul" mengacu pada Saurolophus) adalah genus dinosaurus ornithopod yang tinggal di tempat yang sekarang Amerika Utara selama Periode Cretaceous Akhir, sekitar 76,5-73.000.000 tahun yang lalu. [1] itu adalah herbivora yang berjalan baik sebagai biped dan binatang berkaki empat. Tiga spesies diakui: P. walkeri (spesies jenis), P. tubicen, dan P. cyrtocristatus pendek jambul. Remains dikenal dari Alberta (Canada), dan New Mexico dan Utah (USA). Genus ini pertama kali dijelaskan pada 1922 oleh William Taman dari tengkorak dan kerangka parsial yang ditemukan di Alberta.

 15.shunosaurus


Shunosaurus, yang berarti "Kadal shu", adalah genus dari dinosaurus sauropod dari Jurassic Tengah (Bathonian-Callovian) tidur di Provinsi Sichuan di Cina, 170 juta tahun yang lalu. Nama berasal dari "Shu", sebuah nama kuno untuk provinsi Sichuan.

16.stegosaurus



Stegosaurus (/ ˌ stɛɡɵsɔrəs /, yang berarti "atap kadal" atau "kadal tertutup" mengacu pada piring yang kurus [1]) adalah genus dari dinosaurus lapis baja stegosaurid. Mereka tinggal selama priode Late Jurassic (Kimmeridgian ke Tithonian awal), beberapa 155-150000000 tahun yang lalu di tempat yang sekarang barat Amerika Utara. Pada tahun 2006, sebuah spesimen Stegosaurus diumumkan dari Portugal, menunjukkan bahwa mereka hadir di Eropa juga. [2] Karena paku ekor yang khas dan piring, Stegosaurus adalah salah satu dinosaurus paling dikenal. Setidaknya tiga spesies telah diidentifikasi dalam Formasi Morrison atas dan diketahui dari sisa-sisa sekitar 80 orang

17.styracosaurus

Styracosaurus (/ stɨ ˌ rækəsɔrəs / stə-RAK-ə-SOR-əs, yang berarti "kadal berduri" dari Yunani Kuno Styrax / στύραξ "spike di gagang-akhir tombak-poros" dan sauros / σαῦρος "kadal") [1 ] adalah genus dari herbivora ceratopsian dinosaurus dari Periode Cretaceous (tahap Campanian), sekitar 75,5-75.000.000 tahun yang lalu. Itu 4-6 tanduk panjang membentang dari frill nya leher, tanduk kecil pada masing-masing pipi nya, dan satu tanduk menonjol dari hidung, yang mungkin telah sampai 60 cm (2 kaki) dan 15 cm (6 di ) lebar. Fungsi atau fungsi tanduk dan embel-embel telah diperdebatkan selama bertahun-tahun.

18.torosaurus




Torosaurus ("kadal berlubang", mengacu pada bukaan besar dalam frill nya) adalah genus dari dinosaurus herbivora ceratopsid yang hidup selama tahap Maastrichtian akhir periode Cretaceous, antara 68 dan 66 juta tahun yang lalu. Fosil telah ditemukan di seluruh Western Interior dari Amerika Utara, dari Saskatchewan ke Texas 



19.triceratops



Triceratops (Yunani untuk "tiga tanduk wajah") adalah genus dari dinosaurus herbivora ceratopsid yang pertama kali muncul selama tahap akhir Maastrichtian dari akhir periode Cretaceous, sekitar 68 juta tahun yang lalu (Mya) di tempat yang sekarang Amerika Utara. Ini adalah salah satu yang terakhir diketahui dinosaurus non-unggas genera, dan menjadi punah dalam kepunahan Cretaceous-Paleogen acara 66 juta tahun yang lalu. [1] Istilah Triceratops, yang secara harfiah berarti "wajah bertanduk tiga", berasal dari bahasa Yunani [2] τρί-(tri-) yang berarti "tiga", κέρας (Keras) yang berarti "tanduk", dan ὤψ (ops) berarti "wajah".

20.tsintaosaurus



Tsintaosaurus (/ tʃɪŋdaʊsɔrəs /; yang berarti "Qingdao kadal", setelah transliterasi tua "Tsingtao") [1] adalah genus dinosaurus hadrosaurid dari Cina. Itu adalah sekitar 10 meter (33 kaki) panjang, 3,6 meter (12 kaki) dan berat 3 ton. [2] Spesies jenis adalah Tsintaosaurus spinorhinus, pertama kali dijelaskan oleh ahli paleontologi Cina CC Muda pada tahun 1958.

 C.REPTIL TERBANG

1.anurognathus
 
 Anurognathus memiliki kepala pendek dengan pin-seperti gigi untuk menangkap serangga dan meskipun secara tradisional dianggap berasal dari kelompok pterosaurus ekor panjang "Rhamphorhynchoidea", ekornya itu relatif singkat, sehingga lebih manuver untuk berburu. [3] Menurut Doderlein yang mengurangi ekor Anurognathus mirip dengan pygostyle burung modern.

 2.cearadactylus



Cearadactylus adalah genus besar awal Cretaceous (Albian) pterosaurus dari Amerika Selatan. Spesies hanya dikenal adalah Cearadactylus Atrox, dan diberi nama pada tahun 1985 oleh Giuseppe Leonardi dan Guido Borgomanero. Nama mengacu pada negara Brasil Ceará dan menggabungkannya dengan daktylos Yunani, "jari", sebuah referensi untuk jari sayap pterosaurus. The Latin Atrox berarti "mengerikan", referensi ke gigi menakutkan dari spesies.
 
  3.dimorphodon


Dimorphodon / daɪmɔrfədɒn / adalah genus dari pterosaurus berukuran sedang dari Periode Jurassic awal. Ini disebut oleh ahli paleontologi Richard Owen pada tahun 1859. Dimorphodon berarti "dua-bentuk gigi", berasal dari bahasa Yunani δι / di yang berarti 'dua', yang berarti 'bentuk' μορφη / morphe dan οδων / odon berarti 'gigi', mengacu pada fakta yang memiliki dua jenis yang berbeda dari bentuk gigi pada rahang - yang relatif langka di antara reptil.

 4.dsungaripterus



Dsungaripterus ADA pada tahun 1964 ditunjuk oleh Yang Zhongjian. Nama genus menggabungkan referensi ke Basin Junggar dengan pteron Yunani Latin, "sayap". Spesies jenis adalah Dsungaripterus WeII, nama spesifik menghormati ahli paleontologi CM Wei dari Divisi Palaeontological, Institute of Science, Biro Petroleum dari Sinkiang. Holotype adalah IVPP No V-2776, tengkorak parsial dan kerangka. Dari tahun 1973 lebih banyak bahan telah ditemukan termasuk tengkorak hampir selesai.

  5.eudimorphodon

 Eudimorphodon adalah pterosaurus yang ditemukan pada tahun 1973 oleh Mario Pandolfi dekat Bergamo, Italia dan dijelaskan pada tahun yang sama oleh Rocco Zambelli. Kerangka yang hampir lengkap ini diambil dari serpih disimpan selama Trias Akhir (pertengahan hingga akhir tahap Norian), [1] membuat Eudimorphodon pterosaurus tertua kemudian diketahui. [2] Ia memiliki lebar sayap sekitar 100 cm (3,3 kaki) dan pada akhir tulang ekor yang panjang mungkin telah flap berbentuk berlian seperti di Rhamphorhynchus nanti. Jika demikian, flap mungkin telah membantu mengarahkan itu saat manuver di udara. [3] Eudimorphodon diketahui dari beberapa kerangka, termasuk spesimen remaja.

 6.hatzegopteryx

Hatzegopteryx ("Hateg basin Wing") adalah genus dari azhdarchid pterosaurus, diketahui dari sisa-sisa yang tidak lengkap yang ditemukan di Hunedoara County, Transylvania, Rumania. Fragmen tengkorak, humerus kiri, dan fosil lain menunjukkan itu di antara pterosaurus terbesar. Kerangka Hatzegopteryx telah dianggap identik dengan sisa-sisa dikenal Quetzalcoatlus northropi. Q. northropi belum dijelaskan dengan baik, dan jika itu bukan dubium Nomen, Hatzegopteryx mungkin adalah sinonim juniornya.

 7.microraptor


 Microraptor (Yunani, μίκρος, Mikros: "kecil", Latin, raptor: "orang yang merebut") adalah genus kecil, paravian bersayap empat (mungkin dromaeosaurid) dinosaurus. Banyak spesimen fosil terawat baik telah pulih dari Liaoning, Cina. Mereka tanggal dari awal Cretaceous Formasi Jiufotang (tahap Aptian), 125-120000000 tahun yang lalu. [1] Tiga spesies telah diberi nama (M. zhaoianus, M. gui, dan M. Hanqing), meskipun penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa semua dari mereka mewakili variasi dalam satu spesies, yang benar disebut M. zhaoianus. Cryptovolans, awalnya digambarkan sebagai lain dinosaurus bersayap empat, biasanya dianggap sebagai sinonim dari Microraptor.

 8.nemicolopterus


 Nemicolopterus adalah genus pterosaurus pterodactyloid, dijelaskan pada tahun 2008. Jenis dan spesies hanya dikenal adalah N. crypticus. Itu tinggal di Jehol Biota 120 juta tahun yang lalu. Lebar sayap nya sedikit di bawah 25 sentimeter (10 in) membuatnya lebih kecil daripada tetapi beberapa spesimen dari pterosaurus tukik. [1] spesimen tersebut tidak sepenuhnya dewasa, tapi Wang et al. (2008) menyebutkan jumlah fusi tulang dan pengerasan jari-jari kaki, gastralia dan sternum untuk menunjukkan bahwa itu adalah sub-dewasa daripada tukik.

 9.ornithocheirus


 Ornithocheirus (dari bahasa Yunani "ορνις", yang berarti burung, dan "χειρ", yang berarti tangan) adalah genus pterosaurus diketahui dari fosil fragmentaris tetap ditemukan dari sedimen di Inggris.


  10.peteinosaurus

Peteinosaurus (/ ˌ taɪnəsɔrəs / pe-TY--SAWR-əs [1] yang berarti "kadal bersayap" [2]) adalah reptil prasejarah genus milik Pterosauria. Ini hidup pada periode Triassic akhir pada akhir usia Norian (sekitar 221-210000000 tahun yang lalu [2]).

 11.pteranodon


 Pteranodon (/ tɨrænədɒn /; dari πτερόν Yunani ("Wing") dan ἀνόδων ("ompong")) adalah genus pterosaurus yang termasuk beberapa reptil terbang terbesar yang diketahui, dengan wingspans lebih 6 meter (20 kaki). Ini ada selama akhir masa Cretaceous geologi Amerika Utara pada hari ini Kansas, Alabama, Nebraska, Wyoming, dan South Dakota. Lebih spesimen fosil Pteranodon telah ditemukan daripada pterosaurus lainnya, dengan sekitar 1.200 spesimen dikenal ilmu pengetahuan, banyak dari mereka terawat dengan tengkorak yang hampir lengkap dan kerangka diartikulasikan. Ini adalah bagian penting dari komunitas hewan di Western Interior Seaway. [1]

 12.perodactylus

Pterodactylus (/ ˌ tɛrədæktɨləs / Terr-ə-DAK-til-əs, dari πτεροδάκτυλος Yunani, pterodaktulos, yang berarti "jari bersayap") / ˌ tɛrədæktɨl / adalah genus pterosaurus, yang anggotanya dikenal sebagai pterodactyls. Ini adalah yang pertama diberi nama dan diidentifikasi sebagai reptil terbang.

 13.pterodaustro

Pterodaustro adalah genus pterosaurus pterodactyloid cretaceous dari Amerika Selatan, yang hidup 105 juta tahun yang lalu.

 14.quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus / kɛtsəlkoʊætləs / adalah pterosaurus pterodactyloid diketahui dari cretaceous Akhir dari Amerika Utara (tahap Maastrichtian) dan salah satu hewan terbang terbesar yang dikenal sepanjang masa. Itu adalah anggota dari Azhdarchidae, keluarga pterosaurus ompong maju dengan sangat panjang, kaku leher. Namanya berasal dari Mesoamerika berbulu ular dewa Quetzalcoatl.


  15.rhamphorhynchus

 Rhamphorhynchus / ˌ ræmfərɪŋkəs /, "paruh moncong", adalah genus dari pterosaurus ekor panjang pada periode Jurassic. Kurang khusus dari kontemporer, pterosaurus pterodactyloid berekor pendek seperti Pterodactylus, itu memiliki ekor panjang, kaku dengan ligamen, yang berakhir dengan baling-baling berbentuk berlian karakteristik. Rahang Rhamphorhynchus bertempat jarum-seperti gigi, yang maju miring, dengan melengkung, tajam, seperti paruh tip kurang gigi, menunjukkan diet terutama ikan dan serangga.

 16.scaphognathus

Scaphognathus adalah pterosaurus yang hidup di Jerman selama Late Jurassic. Itu lebar sayap 0,9 m (3 ft)

 15.sordes

Sordes adalah pterosaurus kecil dari Jurassic akhir (Oxfordian / Kimmeridgian) Karabastau Svita of Kazakhstan.

 16.tapejara

Tapejara (dari kata Tupi berarti "makhluk tua") adalah genus dari pterosaurus Brasil dari Periode Cretaceous (Formasi Santana, dari sekitar 108 Ma lalu). Puncak Tapejara terdiri dari puncak setengah lingkaran di atas moncong, dan satu tonjolan tulang yang diperpanjang kembali di belakang kepala.


 dinosaurus air (kadal air)
 1.dakosaurus
Dakosaurus adalah genus punah dalam Metriorhynchid keluarga yang tinggal selama Late Jurassic dan Cretaceous Awal. Itu besar, dengan gigi yang bergerigi dan dikompresi lateromedial (diratakan dari sisi ke sisi). Genus ini didirikan oleh Friedrich August von Quenstedt tahun 1856 untuk gigi terisolasi bernama Geosaurus maximus oleh Plieninger. Dakosaurus adalah karnivora yang menghabiskan banyak, jika tidak semua, hidupnya di laut. Tingkat adaptasi terhadap gaya hidup laut berarti bahwa itu adalah kemungkinan besar bahwa itu dikawinkan di laut, tapi karena tidak ada telur atau sarang telah ditemukan yang telah disebut Dakosaurus, apakah itu melahirkan hidup muda di laut seperti lumba-lumba dan ichthyosaurus atau datang ke darat seperti kura-kura tidak diketahui. Nama Dakosaurus berarti "penggigit kadal", dan berasal dari dakos Yunani ("penggigit") dan σαῦρος-sauros ("kadal").

 2.dunkleosteus

Dunkleosteus (dari "[David] Dunkle" + osteus [οστεος, Yunani: tulang]) adalah genus ikan prasejarah yang ada selama periode Devonian Akhir, sekitar 380-360000000 tahun yang lalu. Beberapa spesies, seperti D. terrelli, D. marsaisi, dan D. Magnificus, adalah salah satu placoderma arthrodire terbesar yang pernah hidup.

 3.hainosaurus

Hainosaurus adalah genus punah kadal laut milik keluarga mosasaur. Ini adalah salah satu mosasaurus terbesar, meskipun ukurannya telah direvisi lebih dari sekali. . Pada awalnya diperkirakan 17 meter (56 kaki), dan mosasaur terbesar [1] Selama tahun 1990-an, ukurannya direvisi menjadi 15 meter (49 kaki) panjang, [2] baru-baru ini, Johan Lindgren memperkirakan bahwa mencapai panjang hingga 12,2 meter (40 kaki). [3] itu adalah salah satu predator laut atas Cretaceous Akhir. Seperti mosasaurs raksasa lain, predator raksasa ini memangsa kura-kura, plesiosaurus, pterosaurus, cumi, hiu, ikan, dan mosasaurs kecil.

 4.helicoprion


Helicoprion adalah genus berumur panjang punah, hiu-seperti [2] eugeneodontid ikan holocephalic. Hampir semua spesimen fosil cluster spiral diatur gigi individu ', yang disebut "whorls gigi." Helicoprion pertama muncul di lautan Karbon akhir 310 juta tahun yang lalu, selamat dari kepunahan Permian-Triassic event, dan akhirnya menjadi punah selama Trias Awal, 250 juta tahun yang lalu. Para kerabat terdekat Helicoprion (dan eugeneodontids lainnya) adalah hiu hantu.

 5.kronosaurus
Kronosaurus (/ ˌ krɒnoʊsɔrəs / KRON-o-SAWR-əs, yang berarti "kadal dari Kronos") adalah sebuah genus punah pliosaurus berleher pendek. Itu antara pliosaurs terbesar, dan dinamai pemimpin Yunani Titans, Cronus. Ini tinggal di Periode Cretaceous Awal (Aptian-Albian). [2] [3]

 6.leptocleidus

Leptocleidus adalah genus punah dari Plesiosaurus pliosaurid, [1] milik keluarga Leptocleididae. [2] Ini adalah satu-satunya yang diketahui pliosaurus dapat ditemukan dalam sedimen di Isle of Wight.

 7.megalodon

Megalodon (/ mɛɡələdɒn / MEG-ə--don, yang berarti "gigi yang besar", dari Yunani Kuno: μέγας (megas) "besar, perkasa" + ὀδόν (odon) (dari ὀδούς (odous) "gigi"), [1 ] adalah spesies yang telah punah dari hiu yang hidup sekitar 28-1500000 tahun yang lalu, selama Era Kenozoikum (akhir Oligosen hingga awal Pleistosen).

 8.basilosaurus

Basilosaurus ("raja kadal") [1] adalah genus ikan paus awal yang hidup 40-34000000 tahun yang lalu di Eosen Akhir. [2] Fosil pertama B. cetoides ditemukan di Amerika Serikat dan pada awalnya diyakini menjadi semacam reptil, maka akhiran -. "saurus", tetapi kemudian ditemukan menjadi mamalia laut [3] Richard Owen ingin mengubah nama makhluk Zeuglodon ("gigi dicampuradukkan"), tapi, per aturan taksonomi, yang nama pertama makhluk itu tetap permanen. Fosil B. isis telah ditemukan di Mesir dan Yordania. [4] B. drazindai digambarkan berdasarkan pada vertebra tunggal yang ditemukan di Pakistan. [5]

 9.tylosaurus

Tylosaurus (τυλος Yunani / Tylos "tonjolan, tombol" + σταύρος Yunani / sauros "kadal") adalah mosasaur, besar, kadal laut predator terkait erat dengan biawak modern dan dengan ular.

 10.xiphactinus

Xiphactinus (dari bahasa Latin dan Yunani untuk "pedang-ray") adalah sebuah genus punah besar, 4,5-6 m (15 sampai 20 kaki) panjang ikan bertulang laut predator yang hidup pada Kapur Akhir. Ketika hidup, ikan akan menyerupai raksasa, tarpon bertaring (yang itu, bagaimanapun, tidak berhubungan). [3] Spesies Portheus molossus dijelaskan oleh Cope [3] adalah sinonim junior dari X. audax. Sisa-sisa kerangka Xiphactinus berasal dari Kansas (di mana fosil Xiphactinus pertama ditemukan pada tahun 1850), [4] Alabama, dan Georgia di Amerika Serikat, serta Eropa, Australia, Kanada dan Venezuela. [5]

 11.ammonite
Amonite / æmənaɪts / adalah kelompok punah hewan invertebrata laut dalam subclass Ammonoidea dari kelas Cephalopoda. Moluska ini lebih terkait erat dengan coleoids hidup (misalnya gurita, cumi-cumi, sotong dan) dari mereka untuk dikupas nautiloids seperti spesies Nautilus hidup. Amonite awal muncul selama masa Devonian, dan spesies terakhir mati selama kepunahan Cretaceous-Paleogen acara.

 12.archelon
Archelon (dari αρχελών Yunani yang berarti penguasa penyu) adalah genus penyu punah, yang terbesar yang pernah didokumentasikan, dan termasuk spesies penyu terbesar kedua setelah Stupendemys, Archelon ischyros.

 13.colossal squid

Cumi-cumi kolosal (Mesonychoteuthis hamiltoni, dari mesos Yunani (tengah), onyx (cakar, kuku), dan teuthis (cumi-cumi)), kadang-kadang disebut Antartika atau raksasa cranch cumi, diyakini sebagai spesies cumi-cumi terbesar dalam hal massa. Ini adalah satu-satunya anggota yang dikenal dari genus Mesonychoteuthis. Hal ini diketahui dari hanya beberapa spesimen, dan saat ini perkiraan ukuran maksimumnya di 12-14 m (39-46 kaki) panjang, [1] berdasarkan analisis spesimen yang lebih kecil dan belum dewasa, membuatnya menjadi invertebrata terbesar yang diketahui.

 14.henodus

Chelyops Henodus ("Penyu-berwajah satu gigi") adalah placodont dari periode Triassic Akhir selama usia Carnian dini. Fosil Henodus chelyops ditemukan di Tübingen, Jerman. Saat itu sekitar 1 meter (3,3 kaki) panjangnya.

 15.leviathan
leviathan,jenis paus purba terbesar yg pernah ditemukan oleh ilmuan.

  16.mauisaurus

Mauisaurus ("Maui reptil") adalah genus dari Plesiosaurus yang hidup selama periode Cretaceous Akhir sekitar 80-69000000 tahun yang lalu di tempat yang sekarang Selandia Baru. Itu adalah Plesiosaurus terbesar, dan mungkin reptil laut terbesar di perairan Selandia Baru pada saat itu. Mauisaurus haasti adalah spesies hanya dikenal dari genus. Sejumlah spesimen telah ditemukan, meskipun hanya sedikit terjaga dengan baik dan sebagian besar selesai. Satu-satunya yang didirikan Plesiosaurus lain Selandia Baru, Tuarangisaurus keyesi, tidak bisa dihubungkan sebagai kerabat langsung ke Mauisaurus.

 17.platecarpus
Platecarpus ("pergelangan tangan datar") adalah sebuah genus punah kadal air milik keluarga mosasaur, yang tinggal di sekitar 84-81000000 tahun yang lalu selama Santonian menengah ke Campanian awal, dari periode Cretaceous Akhir. Fosil telah ditemukan di Amerika Serikat serta kemungkinan spesimen di Belgia dan Afrika. [1] Platecarpus mungkin makan pada ikan, cumi-cumi, dan ammonita. [1] Seperti mosasaurs lain, itu awalnya diduga berenang di belut seperti fashion, meskipun penelitian terbaru menunjukkan bahwa berenang lebih seperti hiu modern. Sebuah spesimen sangat terawat baik dari P. tympaniticus dikenal sebagai LACM 128.319 menunjukkan tayangan kulit, pigmen di sekitar lubang hidung, saluran bronkial dan adanya profil tinggi ekor kebetulan, menunjukkan bahwa ia dan mosasaurs lainnya tidak selalu memiliki berenang mirip belut metode tetapi perenang cepat lebih kuat. Hal ini diadakan di Natural History Museum of Los Angeles County.

  18.sea scorpion

Eurypterids (kalajengking laut) adalah kelompok punah arthropoda yang terkait dengan arakhnida dan termasuk arthropoda terbesar yang diketahui pernah hidup. Mereka adalah anggota dari ordo punah Eurypterida (Chelicerata); yang merupakan urutan chelicerate Paleozoic paling beragam dalam hal spesies.
 19.shonisaurus

Shonisaurus adalah genus dari Ichthyosaurus. Setidaknya 37 spesimen lengkap dari reptil laut telah ditemukan di Formasi Luning of Nevada, USA. Formasi ini tanggal ke akhir usia Carnian dari akhir periode Triassic, sekitar 215 juta tahun yang lalu

 20.pliosaurus


Pliosaurus (berarti 'lebih kadal') adalah sebuah genus punah pliosaurid thalassophonean diketahui dari tahap Kimmeridgian dan Tithonian (Late Jurassic) dari Eropa.

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

tetapi fakta terbaru menunjukkan bahwa burung pada masa sekarang adalah hasil evolusi dari dinosaurus pada masa lampau,setelah adanya penemuan dan penelitian lebih lanjut ternyata beberapa species dari fossil yg ditemukan memiliki bulu.





 dan juga beberapa fitur yg dimiliki oleh burung hampir sama dengan apa yd dimiliki oleh dinosaurus berdarah panas



 .


  semankin tahu masalalu semakin siap pada masadepan







  TERIMA KASIH







 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar